Selasa, 27 Desember 2011

Menteri PU: Audit Penyebab Ambruknya Jembatan Kukar Selesai Januari

Hingga kini audit ambruknya jembatan Kutai Kertanegara (Kukar) masih berlangsung. Hasil audit untuk mengetahui ambruknya jembatan di Kota Tenggarong itu baru selesai awal Januari 2012.

"Seminggu lagi, jadi awal Januari baru selesai. Nanti setiap hari Jumat saya ketemu sama mereka (tim audit) baru saya sampaikan," ujar Menteri Pekerjaan Umum (PU) Djoko Kirmanto kepada wartawan di kantor Kepresidenan, Jl Medan Merdeka Utara, Jakarta Pusat, Selasa (27/12/2011).

Menurut Djoko, saat ini tim sedang meminta keterangan dari berbagai pihak terkait ambruknya jembatan itu. Hingga saat ini belum ada kesimpulan siapa yang paling bertanggungjawab atas ambruknya jembatan Kukar.

"Semua sedang dalam proses, jangka panjang kita audit semua. Audit jembatan satu tidak selesai 2 atau 3 jam," terang Djoko.

Seperti diberitan, Jembatan Kukar menghubungkan 2 wilayah Kecamatan Tenggarong Seberang dan Kecamatan Tenggarong, ambruk pada Sabtu (26/11). Akibat dari insiden jembatan yang masih berusia 10 tahun itu, 4 orang meninggal dunia, 39 orang luka-luka dan 16 orang dilaporkan hilang.

Menteri PU Djoko Kirmanto yang juga tiba di lokasi menyebut ambruknya jembatan tersebut terbilang langka mengingat jembatan tersebut masih berusia 10 tahun.
back to top